32 C
Jakarta
Wednesday, August 17, 2022
spot_img

Bangga! Anak Indonesia Ciptakan Bus Listrik Super Keren

Pada tahun yang akan datang, kendaraan akan menjadi tolak ukur dari kemajuan negeri itu sendiri. Sadar akan hal tersebut, UI dan MAB bekerja sama untuk dapat menghasilakan kendaraan-kendaraan listrik buatan anak bangsa.

Pada pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, UI hadir menjadi salah satu pengisi acara pameran kendaraan listrik tersebut.

“Kami dari team UI bekerja sama dengan MAB, merancang dan membuat bus ini, mulai dari konsep sampai dengan seluruh teknogi yang digunakan di dalamnya,” terang Julita Permata Sari, salah satu mahasiswa UI Fakultas Teknik saat dijumpai.

Berkerja sama dengan MAB, UI menampilkan karya terbaiknya yaitu bus yang berbasis tenaga listrik. Berdasarkan hasil pemantauan, sekilas tampak depan bus UI terlihat seperti layar tablet yang berbentuk kotak, sangat berkelas dan juga terkesan mewah. Bus yang didominasi warna kuning ini memang terlihat canggih, megah dan juga mewah.

Adapun konsep dari bagian depan yang berbentuk kotak tersebut, bukan tanpa sebab. Dimana, bentuk kotak tersebut dibuat untuk dapat menahan terpaan angin ketika sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

Bus tersebut menggunakan sistem baterai Lithium Iron Fosfat, dengan menggunakan dua metode untuk pengisian baterai, yaitu fast charging dan charging normal. Dimana untuk fast charging, akan memakan waktu pengisian daya selama 2 jam. Sedangkan untuk charging normal, akan memakan waktu maksimal 4 jam untuk pengisian daya 100%.

“Untuk bus ini, kita menggunakan baterai jenis lithium dengan menggunakan dua metode untuk pengisian baterai, yaitu fast charging dan charging normal. Dimana untuk fast charhing, waktu pengisian dayanya 2 jam, untuk normalnya 4 jam. Baterai mobil yang terisi 100% dapat menumpuh jarak 250 kilometer,” tutur mahasiswa UI tersebut.

Nah Guys, untuk kamu yang mau melihat dan menaiki secara langsung mobil mobil keren buatan anak bangsa ini, yuk mampir ke PEVS 2022.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles