Jokowi Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Palestina: Tahap Kedua Sesegera Mungkin

Jokowi Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Palestina: Tahap Kedua Sesegera Mungkin

kaptenberita.com – Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Sabtu, 4 November 2023, melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di dalam Gaza. Bantuan kemanusiaan itu berasal dari pemerintah RI bersama TNI dan juga Polri, Palang Merah Indonesia, Baznas, Forum Zakat, dan juga rakyat Indonesia untuk warga Palestina korban perang di dalam Gaza.

Bantuan dengan total berat 51,5 ton itu terdiri atas penjernih air minum hingga peralatan medis lalu akan dikirim dalam dua gelombang. 

Read More

Jokowi dalam konferensi pers menjelaskan barang-barang bantuan yang mana disalurkan telah terjadi menyesuaikan dengan kebutuhan rakyat Palestina di area Gaza. “Misalnya penjernih air minum, yang pada sana banyak sekali kesulitan,” katanya pada Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma pada Jakarta.

Deretan barang bantuan kemanusiaan yang tersebut dikirim ke Palestina

Penjernih air minum itu masuk dalam salah satu komponen bantuan yang tersebut dikirim pemerintah Indonesia pada gelombang pertama bagi kebutuhan para korban perang Hamas-Israel pada Gaza.

Selain itu, pemerintah juga mengirim peralatan medis yang dimaksud dibutuhkan tenaga kesehatan pada sarana rumah sakit pada Gaza, substansi makanan yang mana tiada memerlukan prasarana penyimpanan yang mana sulit, dan juga obat-obatan.

Gelombang pertama pengiriman barang bantuan seberat 21 ton akan menggunakan dua pesawat. DUa pesawat itu adalah C-130 Hercules dan juga A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 lalu Skadron Udara 32 TNI AU dari Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Berikutnya, pada gelombang kedua pengiriman barang seberat 30 ton lebih banyak akan diterbangkan menggunakan pesawat kargo Boeing 737 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Presiden meyakinkan akan ada beberapa orang gelombang pengiriman bantuan lanjutan dari Indonesia ke Gaza yang dimaksud dikoordinasikan dari sebagian dunia usaha hingga lembaga swadaya masyarakat. “Kita melihat bahwa antusias warga lembaga swadaya masyarakat, dunia bidang usaha ini banyak sekali yang tersebut ingin menyalurkan bantuannya, sehingga ini akan kita koordinir,” tuturnya.

Selanjutnya: Adapun keputusan pemerintah mengoordinasikan bantuan…

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *