25 C
Jakarta
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Keren 5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia

Dalam data Forbes, setidaknya ada 22 miliarder Timur Tengah yang termasuk orang terkaya di dunia. Melansir Al Arabiya, sepuluh orang diantaranya berasal dari Mesir, Aljazair, Uni Emirat Arab, Lebanon, dan Oman. Namun, bukan hanya dari Timur Tengah, terselip juga pengusaha Muslim yang berasal dari Indonesia.

Konglomerat tersebut berasal dari berbagai industri yang mencakup banyak sektor. Wajar, apabila mereka berhasil menduduki posisi orang terkaya di dunia.

Lantas, siapa saja Muslim yang menghuni jajaran tersebut? Berikut ulasannya.

1. Aliko Dangote

Dilansir Forbes Real-Time Billionaires, Selasa (26/4), CEO Dangote Group Aliko Dangote merupakan pria muslim terkaya seantero Afrika dengan kekayaan mencapai US$14,5 miliar atau setara Rp209 triliun (kurs Rp14.432 per dolar AS).

Pria dengan kewarganegaraan Nigeria tersebut kini menduduki posisi dua ratus besar atau tepatnya ke-130 sebagai orang terkaya di dunia.

Sumber kekayaannya ialah bisnis semen Dangote Cement. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan semen terbesar di Afrika dengan produksi 48,6 juta ton semen per tahun, serta menguasai pangsa pasar semen hingga 85%.

2. Azim Premji

Azim Premji merupakan seorang muslim asal Gujarat, India, yang memiliki kekayaan hingga US$9,5 miliar atau setara Rp137 triliun.

Azim merupakan pendiri Wipro, perusahaan yang bergerak di bidang software, yang menjadi salah satu pemain piranti lunak terbesar di India. Sebelumnya, ia pernah mengenyam pendidikan di Stanford University, AS, namun harus kandas setelah sang ayah meninggal dunia.

Perusahaan tersebut bahkan memiliki innovation centre di Silicon Valley dan fokus pada pengembangan teknologi baru serta berkolaborasi dengan start up di sana. Saat ini, pucuk pimpinan Wipro dilanjutkan oleh sang anak Rishad Premji. Dengan kekayaan sebesar itu, Azim Premji menduduki posisi orang terkaya ke-206 di dunia dan ke-18 di India.

3. Chairul Tanjung
Pebisnis yang akrab disapa CT atau Si Anak Singkong ini merupakan salah satu muslim terkaya di dunia. Dengan kekayaan mencapai US$8,5 miliar atau setara Rp123 triliun, ia menduduki posisi orang terkaya ke-263 di dunia dan ke-3 di Indonesia.

Chairul Tanjung merupakan pemimpin CT Corp, perusahaan induk yang menaungi berbagai macam jenis usaha mulai dari keuangan, media, ritel, perhotelan, properti, makanan dan minuman, hingga fesyen.

Merek-merek ternama yang saat ini dikuasai perusahaan induk miliknya, antara lain Transmedia, Bank Mega, Versace, Wendy’s, Baskins Robbins, Trans Luxury Hotel, Transmart, Coffee Beans and Tea Leaf, Trans Mall, Trans Studio, hingga Allo Bank.

Bahkan, PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pertengahan tahun lalu dan sahamnya melejit hingga hampir 100 kali lipat.

4. Shahid Khan

Shahid Khan merupakan muslim Amerika-Pakistan yang menghuni orang terkaya ke-313 di dunia dengan kekayaan mencapai US$7,6 miliar atau setara Rp109 triliun. Ia merupakan seorang insinyur yang memproduksi bumper truk dan memiliki 69 pabrik di dunia dengan pekerja hingga 26 ribu orang.

Khan juga memiliki klub American Football, yakni Jacksonville Jaguars NFL yang ia beli pada 2012 silam. Tidak hanya itu, setahun kemudian ia juga membeli klub sepak bola asal Inggris Fulham F.C.

Pada 2019, ia bersama sang anak Tony Khan juga merilis All Elite Wrestling yang menjadi pusat hiburan gulat profesional dan menandingi WWE asal AS. Setahun kemudian, ia juga menjadi investor utama bagi kanal media dengan nama Black News Channel (BNC) di AS.

5. Abdulsamad Rabiu

Pendiri BUA Group Abdulsamad Rabiu merupakan salah satu muslim terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$6,6 miliar atau setara Rp95 triliun. Warga Nigeria tersebut merupakan konglomerat yang bergerak di berbagai lini bisnis.

Beberapa bisnis ternama yang ia bangun bergerak di bidang pemurnian gula, produksi, semen, hingga real estate. Pada Januari 2020, ia menguasai perusahaan semen Cement Co of Northern Nigeria setelah dileburkan dengan perusahaan semen miliknya yakni Obu Cement Company.

Sebelum menjadi orang terkaya ke-5 seantero Afrika, ia pernah berbisnis di bidang lain seperti impor besi, baja, hingga bahan kimia pada 1998. Namun kini kekayaannya melejit dan menduduki posisi ke-361 sebagai orang terkaya di dunia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles