Menhan Prabowo Soroti Sikap Barat masalah Pendudukan Israel dalam Palestina

Menhan Prabowo Soroti Sikap Barat permasalahan Pendudukan Israel dalam Palestina

kaptenberita.com – Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyoroti sikap negara-negara barat atas konflik yang tersebut tengah terjadi di area Gaza, Palestina. Prabowo menyayangkan mereka itu yang mana diam saat warga bukan bersalah terutama anak-anak menjadi korban perang.

“Mereka banyak mengajarkan demokrasi. Mereka ajarkan hak asasi manusia. Tapi, begitu ada sebuah negara yang dimaksud bom rumah sakit, yang tersebut bunuh anak-anak kecil, dia diam seribu bahasa,” kata Prabowo saat acara Dialog Cendekia yang dimaksud digelar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam Makassar, dikutip dari keterangan tertoreh yang mana diterima pada Ahad, 5 November 2023.

Read More

Serangan Hamas di dalam Israel Selatan pada 7 Oktober 2023, memicu eskalasi paling berdarah dalam konflik Palestina-Israel selama bertahun-tahun. Israel meresponsnya dengan agresi militer yang mengakibatkan ribuan warga sipil tewas.

Negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat, Inggris hingga Uni Eropa, telah terjadi menolak seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata. Namun Washington berupaya membujuk Israel untuk menerima jeda lokal. Antony Blinken, diplomat utama Presiden AS Joe Biden, melakukan kunjungan untuk kali ketiga ke Israel pekan ini sejak perang dengan Hamas pecah.

Kemarin, Jumat, 3 November 2023, Blinken mendesak Israel untuk menghentikan sementara serangan militernya dalam Gaza guna memungkinkan bantuan masuk ke wilayah kantong Palestina. Namun, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menolak seruan itu kecuali sandera yang tersebut ditahan oleh milisi Hamas dibebaskan.

Indonesia beberapa kali menyuarakan supaya perang Israel lalu Hamas segera dihentikan pada konferensi tingkat tinggi internasional, termasuk di area KTT ASEAN – Dewan Kerja Sama Negara-negara Teluk (GCC) sekitar dua pekan lalu.  

“Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di tempat Gaza dan juga posisi Indonesia sangat jelas dan juga tegas: mengutuk keras serangan acak terhadap rakyat sipil serta infrastruktur sipil di area Gaza,” kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin, 30 Oktober 2023, di area Istana Merdeka, Jakarta, dalam keterangan pers terbaru persoalan sikap RI atas isu Palestina.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 9.061 orang – banyak di dalam antaranya perempuan kemudian anak-anak – terbunuh sejak Israel memulai serangannya pada awal Oktober 2023. Gaza berpenduduk 2,3 juta.

Sementara Israel mengatakan, Hamas yang mana didukung Iran membunuh 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, serta menyandera tambahan dari 240 orang dalam serangan pada 7 Oktober 2023. Itu merupakan hari paling mematikan dalam 75 tahun sejarah Hamas.

Jokowi, yang digunakan turut didampingi Prabowo, melepas pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Palestina tahap pertama seberat 51,5 ton pada Sabtu, 4 November 2023. Sumbangan itu yang digunakan terdiri dari materi makanan, alat medis, selimut, tenda kemudian barang-barang logistik lainnya.

Prabowo, dalam keterangan pers usai mendampingi Jokowi, mengungkapkan bahwa seluruh rumah sakit TNI disiapkan untuk menerima pengobatan pasien-pasien dari Gaza. Calon Presiden yang maju pada Pilpres 2024 bersama putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka itu, mengatakan tengah mengupayakan untuk mengirimkan kapal Rumah Sakit TNI apabila Indonesia mendapatkan izin dengan pihak Mesir.

Pilihan Editor: Gerindra Optimis Prabowo-Gibran Menang Mutlak di tempat Jakarta: Emang Anies Siapa?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *