25 C
Jakarta
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia – Radio Solopos FM | News Ruang 90


SoloposFM, Ratu Elizabeth, pemimpin kerajaan Inggris yang paling lama berkuasa, telah meninggal dalam usia 96 tahun. Pangeran Charles meneruskan kepemimpinan Kerajaan Inggris dan langsung menjadi raja.

Raja Charles lewat akun Twitter mengatakan, “Kepergian ibunda tercinta Baginda Ratu adalah kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya. Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang pemimpin yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kepergiannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri dan negara-negara persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia.”

Sehari sebelumnya ratu membatalkan pertemuan dengan Privy Council, dewan penasihat yang merupakan orang-orang terdekatnya, yang paling dipercaya.

Ratu Elizabeth II mengangkat Truss sebagai Perdana Menteri di Balmoral hari Selasa (6/9) dan bukan di London, seperti biasanya. Ratu Elizabeth II biasanya bertemu dengan perdana menteri baru di Istana Buckingham.

Baca juga : Lagi! Justin Bieber Batalkan Tur Dunia Karena Masalah Kesehatan

Pemimpin Paling Lama

 

Elizabeth yang awalnya tidak diperkirakan menjadi ratu, berkuasa selama 70 tahun, setelah ayahnya, George VI, meninggal pada tahun 1952. George VI naik tahta ketika kakaknya, Raja Edward VIII turun tahta pada 1936.

Sepanjang kepemimpinannya, Ratu Elizabeth bekerja dengan 15 perdana menteri, dimulai dengan Winston Churchill. Ia menjadi pemimpin negara bagi untuk pemerintahan Partai Buruh dan Konservatif, sesuai dengan tradisi kerajaan yang tetap netral dalam masalah politik.

Ia membantu Inggris melalui masa-masa sulit setelah Perang Dunia II berakhir, Perang Dingin, krisis ekonomi, konflik di Irlandia Utara, pembentukan Uni Eropa dan Brexit.

Ratu Elizabeth, mengundang kekaguman karena dedikasinya pada pekerjaannya, dan juga dianggap oleh banyak orang Inggris sebagai pilar kekuatan bagi negara tersebut ketika Inggris menavigasi pengaruhnya di dunia yang semakin berkurang.

Pada 9 September 2015, Ratu Elizabeth resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris yang paling lama memerintah. Hari bersejarah itu, ia habiskan dengan melakukan tugas sehari-harinya, termasuk meresmikan kereta api baru di Skotlandia.

“Tidak bisa dipungkiri, umur panjang artinya melewati banyak tonggak sejarah, tidak terkecuali saya sendiri,” katanya pada upacara tersebut.

Ratu Elizabeth pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1974, di bawah pemerintahan Presiden Soeharto.

Baca juga : TWICE Puncaki 4 Tangga Lagu Billboard + Menjadi Artis K-Pop Wanita Kedua Dalam Sejarah Yang Mencapai No 1 Di Artis 100



Source link

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles