32 C
Jakarta
Wednesday, August 17, 2022
spot_img

Serang Taiwan, China Lepas Tembakan Proyektil ke Selat Taiwan

Tentara China (PLA) terpantau menembakkan proyektil ke Selat Taiwan.

Hal tersebut dilihat langsung oleh wartawan AFP yang memantau beberapa proyektil kecil ditembakkan dari dekat instalasi militer terdekat diikuti oleh gumpalan asap putih dan suara ledakan keras.

Adapun, Militer Taiwan mengatakan pada Kamis (4/8/2022) bahwa pasukannya sedang memantau dengan cermat latihan China yang belum pernah terjadi sebelumnya yang terjadi di perairan sekitar pulau itu. Pihak militer Taiwan pun menyatakan siap jika terjadi konfrontasi langsung.

“Kementerian Pertahanan Nasional menekankan bahwa mereka akan menjunjung tinggi prinsip mempersiapkan perang tanpa mencari perang, dan dengan sikap tidak meningkatkan konflik dan menyebabkan perselisihan,” kata Kementerian Pertahanan Taipei dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, China menyatakan akan memulai latihan militer terbesarnya yang mengelilingi Taiwan, Kamis (4/8/2022). Ini merupakan reaksi terbaru pemerintah Presiden Xi Jinping usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang membuat marah negeri itu.

Mengutip AFP, dari pengumuman pemerintah, PLA akan memfokuskan kegiatan di beberapa zona yang mengelilingi Taiwan. Beberapa titik hanya sekitar 20 kilometer (12 mil) dari pantai pulau itu.

 

“Latihan itu belum pernah terjadi sebelumnya dan bahwa rudal akan terbang di atas Taiwan untuk pertama kalinya,” tulis tabloid nasionalis yang dikelola negara, Global Times, mengutip analis militer.

“Ini adalah pertama kalinya PLA akan meluncurkan artileri jarak jauh langsung melintasi Selat Taiwan,” kata surat kabar itu, lagi merujuk keterangan PLA.

 

Sebenarnya latihan sudah dimulai Selasa. Namun kedatangan Pelosi Rabu membuat skala latihan ditingkatkan. Seharusnya latihan militer itu berakhir Minggu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles