Shell Pacu Ide Kreatif Mahasiswa Jawab Tantangan Enegi Masa Depan

Shell Pacu Ide Kreatif Mahasiswa Jawab Tantangan Enegi Masa Depan

kaptenberita.com – Shell Indonesia mengumumkan tiga pemenang Think Efficiency 2023, kompetisi karya inovasi pelajar sebagai solusi menjawab tantangan energi di area masa depan.

PowerFlex, perwakilan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi juara pertama pada kategori energi. Tim dari Universitas Indonesia (UI), Lubritech, berhasil meraih kemenangan di area kategori tribologi, pengkajian gaya gesek lalu pelumasan. Tim ITB lainnya, Power Chain, memperoleh predikat juara satu pada kategori digitalisasi.

Direktur Pelumas PT Shell Indonesia, Andri Pratiwa mengatakan, Shell melibatkan generasi muda Indonesia untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam menghadapi tantangan energi di dalam masa depan. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan para akademisi dan juga pelajar menjadi penting untuk turut andil dalam transisi energi.

“Upaya menciptakan solusi berkelanjutan ini sejalan dengan strategi Powering Progress kami secara global untuk mempercepat transisi bidang usaha ke net-zero emission,” ujar Andri Pratiwa, Kamis (2/11/2023).

Tercatat Hampir 200 pendaftar yang tersebut berasal dari kalangan pelajar juga mahasiswa dalam Indonesia mengirimkan rancangan ide serta solusi dengan memilih satu dari tiga kategori; yaitu energi, tribologi, lalu digitalisasi.

PowerFlex dari ITB, pemenang kategori energi, membawa inovasi dengan menggabungkan teknologi panel surya kemudian pemantauan canggih untuk memperluas akses listrik yang dimaksud bersih juga terjangkau di dalam daerah pedesaan Indonesia. Modul ini dirancang untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan, terutama tenaga surya, untuk mengatasi tantangan akses listrik, khususnya yang dimaksud terjadi di tempat pedesaan.

Pada kategori tribologi, Lubritech dari UI mengusung ide kreatif dengan mengubah limbah plastik polypropylene menjadi base oil. Tidak belaka mendaur ulang limbah plastik secara efisien, solusi ini juga menciptakan kesempatan ekonomis dan juga dampak lingkungan yang digunakan positif dengan menghasilkan base oil yang kompetitif juga berkelanjutan.

Pemenang kategori digitalisasi, Power Chain dari ITB, menghadirkan ide kreatif terdiri dari sistem transaksi yang tersebut memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) juga blockchain untuk memungkinkan pengguna mencari, membeli, kemudian mengirimkan energi dengan efisien kemudian transparan. Platform ini bertujuan untuk menjadi solusi alternatif terkait berbagai tantangan dalam distribusi energi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *