32 C
Jakarta
Wednesday, August 17, 2022
spot_img

Siap Perang! China Lakukan Ini

China akan memulai latihan militer terbesarnya yang mengelilingi Taiwan, Kamis (4/8/2022). Ini merupakan reaksi terbaru pemerintah Presiden Xi Jinping usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang membuat marah negeri itu.

Latihan militer itu akan dimulai pukul 12.00 siang waktu setempat. Ini akan melibatkan latihan menembak langsung.

Mengutip AFP, dari pengumuman pemerintah, tentara China (PLA) akan memfokuskan kegiatan di beberapa zona yang mengelilingi Taiwan. Beberapa titik hanya sekitar 20 kilometer (12 mil) dari pantai pulau itu.

“Latihan itu belum pernah terjadi sebelumnya dan bahwa rudal akan terbang di atas Taiwan untuk pertama kalinya,” tulis tabloid nasionalis yang dikelola negara Global Times melaporkan, mengutip analis militer.

 

“Ini adalah pertama kalinya PLA akan meluncurkan artileri jarak jauh langsung melintasi Selat Taiwan,” kata surat kabar itu, lagi merujuk keterangan PLA.

 

Sebenarnya latihan sudah dimulai Selasa. Namun kedatangan Pelosi Rabu membuat skala latihan ditingkatkan. Seharusnya latihan militer itu berakhir Minggu.

Di kantor berita Beijing dilaporkan kalau salah satu operasi yang akan dilakukan PLA adalah “blokade bersama terhadap Taiwan”. Sebuah sumber militer China juga mengatakan bahwa latihan itu akan dilakukan “sebagai persiapan untuk pertempuran yang sebenarnya”.

 

“Jika pasukan Taiwan melakukan kontak dengan PLA dengan sengaja dan secara tidak sengaja menembakkan senjata, PLA akan mengambil tindakan tegas,” kata sumber itu.

 

“Semua konsekuensinya akan ditanggung oleh pihak Taiwan,” tambahnya.

 

Taiwan sendiri mengutuk langkah tersebut. Pemerintahan Presiden Tsai Ing Wen memperingatkan China mengancam keamanan kawasan Asia Timur.

 

“Beberapa area latihan China masuk ke … perairan teritorial (Taiwan),” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Sun Li-fang pada konferensi pers Rabu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles