Manusia merupakan mahluk yang tak pernah lepas dari kesalahan dan kekhilafan. Salah dan khilaf yang melahirkan dosa bagi manusia ini hadir karena setiap manusia pasti pernah melakukan hal yang dilarang oleh Allah SWT atau abai atas perintah-Nya. Oleh karena itu, untuk menebus dosa tersebut, manusia dianjurkan untuk melaksanakan salat taubat. Salat taubat sendiri merupakan salat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon ampun kepada Allah atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup. Umumnya, orang-orang melakukan salat ini bersamaan dengan taubat nasuha.

Meskipun tidak ada waktu khusus dalam melaksanakan salat dengan 2 rakaat ini, namun beberapa ulama menganjurkan untuk melaksanakan salat taubat ketika memasuki bulan Ramadan dan di malam hari setelah tidur dan sebelum salat subuh.

Salat yang dikenal dengan nama lain salat istighfar atau salat minta ampun ini juga membawa hikmah yang sangat luar biasa bagi orang yang melaksanakannya, lho. Diampuni dosa-dosanya, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan juga dipermudah segala sesuatunya adalah beberapa dari banyaknya hikmah yang diperoleh oleh orang yang melaksanakan amalan sunah yang satu ini.

Lalu, bagaimana bacaan niat, doa dan tata cara sholat taubat? berikut penjelasannya.

1. Niat salat taubat

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Salat Taubat yang Benar

Untuk mengawali salat ini, maka awali lah dengan membaca niat salat taubat. Niat yang harus dibaca ketika ingin melaksanakan salat taubat ialah “Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”